Harga Sony Xperia L2 Dan Spesifikasi Lengkap 2018

Harga Sony Xperia L2 – Setelah hadir dengan seri mid range yaitu Xperia XA2 dan XA2 Ultra, kini sony kembali merilis seri smartphone lower mid range bernama Xperia L2. Sebenarnya seri pertama Xperia L dirilis pada tahun 2013 lalu, setelah beberapa tahun berselang sekuel L1 dan seri keduanya akhirnya rilis membawa desain dan spesifikasi yang jauh berbeda. Untuk penggemar budget smartphone tentunya seri ini dapat menjadi alternatif pilihan karena berada pada range 3 jutaan. Sony memang cukup lama berkutat dengan seri smartphone mid range sampai flagship yang harganya dianggap kurang bersahabat oleh masyarakat Indonesia.

Dengan bandrol harga lebih murah tentunya Xperia L2 memiliki daya tarik tersendiri walau soal spesifikasinya memang dinilai kurang mantap. Dari sisi tampilan,smartphone ini cukup elegan dipandang mata karena mempertahankan desain smartphone Sony masa kini. Hal yang unik adalah fingerprint scanner yang terletak pada bagian body belakang karena sebelumnya kebanyakan smartphone Sony memilikinya di bagian samping bersamaan dengan tombol power. Tata letak fingerprint ini mudah dijangkau tangan sehingga menambah optimall sisi aksesnya.

Spesifikasi Dan Harga Sony Xperia L2

Spesifikasi Dan Harga Sony Xperia L2

Spesifikasi Dan Harga Sony Xperia L2

Layar 5.5 inches beresolusi HD 720 x 1280 pixel

Desain yang disajikan cukup elegan dengan mengusung 3 varian warna berbeda yaitu Black, Gold dan Pink. Sayangnya smartphone ini tampil begitu tebal berukuran 9.8 mm dengan dimensi 150 x 78 mm sehingga kurang maksimal jika dioperasikan satu tangan, disamping itu bobotnya juga cukup berisi mencakup 178 gram. Kemudian dari sisi layarnya mengandalkan 5.5 inches dengan rasio ~71.3% terhadap body, jadi cukup lebar area kerjanya. Yang juga menjadi kelemhan pada smartphone ini adalah layarnya yang masih beresolusi HD 720 x 1280 pixels dengan kerapatan layar rendah ~267 ppi.

Varian Warna  Black, Gold, Pink
Dimensi  150 x 78 x 9.8 mm
Bobot  178 g
Layar  5.5 inches, 83.4 cm2 (~71.3% screen-to-body ratio)
Tipe Layar  IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Resolusi  720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~267 ppi density)
Proteksi  Corning Gorilla Glass
Fitur Lainya  – SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
– Browser HTML5
– DivX/MP4/H.264 player
– MP3/eAAC+/WAV/Flac player
– Document viewer
– Photo/video editor

Tampilan yang disajikan layarnya memang cukup dapat diterima, namun jika digunakan menikmati game beresolusi HD, streaming maupun menonton film performanya kurang maksimal. Setidaknya resolusi yang tergolong standar ini sudah menggunakan panel IPS sehingga memiliki viewing angle yang baik. Selain itu proteksi layarnya sudah dilindungi Corning Gorilla Glass sehingga dapat menahan dari berbagai level goresan.

Performa cukup standar dengan chipset Mediatek MT6737T dan RAM 3 GB

Kemudian dari sisi spesifikasi utama, Xperia L2 dibekali chipset Mediatek MT6737T yang dirasa lebih cocok untuk seri lowe budget. Tak dipungkiri kinerja yang disajikan kurang responsif karena hanya dibekali processor Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1.5 GHz. Sedangkan soal menjalankan game dinilai juga kurang maksimal karena hanya mengandalkan pengolah grafis Mali-T720MP2, hal ini cukup disayangkan karena layar lebar yang diusung smartphone ini.

Chipset  Mediatek MT6737T
Processor  Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU  Mali-T720MP2
OS  Android 7.1.1 (Nougat)
RAM  3 GB
Internal  32 GB
Eksternal  microSD, up to 256 GB

Namun hadirnya sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dirasa sedikit membantu sisi performa karena lebih baik dalam manajemen sistem, memori maupun RAM. Multitasking yang disajikan memang cukup lancar mengingat RAM 3 GB yang dibawa smartphone ini. Untuk menjalankan berbagai aplikasi tak akan mengalami hambatan, namun jika menjalankan game berthread tinggi tentunya akan mengalami lagging. Sedangkan media penyimpanan internal yang disajikan cukup luas yaitu 32 GB dan masih disediakan slot microSD up to 256 GB.

Review Dan Harga Sony Xperia L2

Review Dan Harga Sony Xperia L2

Pilihan Nano SIM Single atau Dual support 4G LTE

Sisi konektivitas yang disajikan Xperia L2 dirasa cukup lengkap, anda dapat memilih versi Single maupun Dual SIM bertipe Nano SIM. Dukungan jaringan 4G LTE juga dapat diandalkan untuk akses internet yang cepat dari smartphone ini. Sedangkan sisi konektifitas lain ada Wifi yang belum dual band namun sudah support Wi-Fi Direct dan hotspot. Kemudian ada Bluetooth versi 4.2, GPS dan tentunya NFC yang memudahkan terkoneksi dengan berbagai perangkat lain nya.

SIM  Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Jaringan  – 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
– 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
– 4G LTE
Wifi  Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth  4.2, A2DP, LE, aptX
GPS  Yes, with A-GPS, GLONASS
NFC  Ada
USB  2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Sensor  Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass

USB Type-C 1.0 juga hadir sehingga lebih cepat dalam transfer data dari komputer pengguna nya. Seperti yang diungkapkan diatas, smartphone ini memiliki fingerprint scanner pada bagian body belakang. Sayangnya Xperia L2 tak didukung sensor Gyroscope sehingga pengguna tak dapat menikmati sajian Virtual Reality. Absen nya sensor Gyroscope menjadi kelemahan utama yang dimiliki smartphone ini karena tak sesuai dengan harga yang disajikan.

Baterai  Non-removable Li-Ion 3300 mAh
Fast Charging  tidak disebutkan

Kemudian dari sisi baterainya memang cukup besar berdaya 3300 mAh, bertipe Non-removable yang memang sudah lazim kita jumpai pada smartphone masa kini. Baterai yang cukup besar ini tentunya menguntungkan karena pemakaian smartphone dapat lebih lama lagi. Sayangnya tak disebutkan jelas apakah Xperia L2 sudah didukung dengan fitur fast charging atau belum.

Kualitas fotografi cukup menawan dengan kamera depan 8 MP

Untuk yang suka selfie, kamera depan Xperia L2 cukup menarik untuk disimak karena mengandalkan kemampuan 8 MP dengan aperture f/2.4 berukuran lensa 1/4″. Tentunya hasil fotonya akan bening dan jernih, ditambah dengan kualitas rekam video Full HD 1080p yang berkualitas untuk vlogging sederhana atau snapgram. Sedangkan dari sisi kamera utama nya dibekali 13 MP dengan aperture f/2.0 berukuran lensa 1/3.1″.

Kamera Utama  13 MP (f/2.0, 1/3.1″), autofocus, LED flash
Fitur  Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR
Kualitas Video  1080p@30fps
Kamera Depan  8 MP (f/2.4, 1/4″), 1080p

Dirasa kualitas foto kamera belakang cukup oke, ditambah dengan hadirnya fitur autofocus dan LED flash yang memaksimalkan tiap jepretan. Kualitas rekam video kamera belakang sendiri sudah Full HD 1080p@30fps yang dinilai cukup standar untuk kamera smartphone masa kini. Dengan kualitas lensa yang dimiliki Sony tentunya smartphone ini memiliki keunggulan nya tersendiri dari sisi fotografi.

Harga Sony Xperia L2

Harga Sony Xperia L2

Harga Sony Xperia L2

Harga Sony Xperia L2 Baru  sekitar 3 jutaan
Harga Sony Xperia L2 Bekas  –

Note : 

  • Harga Sony Xperia L2 ini hanya perkiraan karena belum resmi rilis
  • Harga Sony Xperia L2 dapat berubah ketika masuk ke Indonesia
  • Informasi harga dan spesifikasi Sony Xperia L2 berasal dari sumber yang terpercaya

Jika dilihat dari sisi harga Sony Xperia L2 yang berkisar 3 jutaan tentunya kurang sepadan dengan spesifikasi utama yang disajikan. Memang sangat disayangkan mengapa smartphone ini hanya dibekali processor Mediatek berkelas lower mid range. Soal performa yang disajikan tentunya kurang mantap untuk menjalankan game HD karena hanya mengandalkan processor Quad Core saja. Demikian pula dari sisi sensor yang tak menyertakan Gyroscope yang erat kaitan nya dengan Virtual Reality.

Simak juga : Ulasan harga Samsung A8 Plus 2018 dan spesifikasinya

Namun dibalik itu, desain Xperia L2 dirasa cukup elegan dengan varian warna menarik yang cocok untuk kaum hawa. Tak hanya dari segi desainya saja yang menarik, sisi fotografi juga cukup oke karena dibekali kamera selfie 8 MP. Nampaknya Xperia L2 ditujukan untuk pasar menengah kebawah yang lebih mementingkan aktivitas sosial media seperti berfoto. Jadi dengan berbagai keunggulan maupun kekurangan smartphone ini apakah anda tertarik atau justru tidak?